Taman Wisata Religi Makam Mbah Wali Agung di Launching


Probolinggo, NU Online
Satu lagi obyek wisata religius diresmikan di Kabupaten Probolinggo. Setelah Taman Wisata Miniatur Ka’bah di Desa Curahsawo Kecamatan Gending, kini resmi hadir Taman Wisata Religi Makam Mbah Wali Agung Raden Joyo Laksono yang berlokasi di Gunung Pandek Desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Taman Wisata Religi Makam Mbah Wali Agung Raden Joyo Laksono tersebut secara resmi dilaunching oleh Bupati Probolinggo yang juga Mustasyar NU Kabupaten Probolinggo H Hasan Aminuddin.

Peresmian wisata religi tersebut dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Saiful Hadi, Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Munir Kholili, Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo Busthomi dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Mari kita syi’arkan tempat ini sebagai Taman Wista Religi Makam Mbah Wali Agung Gunung Pandek. Semoga dapat makin memperkaya khazanah wisata religi di Kabupaten Probolinggo dan memberikan manfaat untuk kepentingan ummat,” ujar Hasan.

Menurutnya, wisata religi ziarah semacam itu diperlukan untuk mengingatkan kita pada jasa para leluhur khususnya alim ulama yang telah berjihad di jalan Allah SWT. “Ini merupakan salah satu upaya penguatan amal ibadah kita untuk meneruskan ibadah sebagaimana dicontohkan para orang tua dan leluhur kita terdahulu,” imbuh Hasan.

Sebenarnya kompleks pemakaman ini sudah cukup dikenal oleh para peminat wisata ziarah di Kabupaten Probolinggo. Dari jalan raya, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke bukit ini kurang lebih dua kilometer ke arah selatan melewati jalan desa.

Pada malam-malam tertentu kompleks pemakaman yang berada di atas bukit ini banyak didatangi peziarah. Tak hanya itu, pada hari libur seperti hari Minggu pagi, tempat ini juga banyak didatangi masyarakat khususnya muda-mudi yang ingin menikmati keindahan alam pantai dan laut Bentar yang nampak jelas dari puncak bukit.

Seiring dengan pernyataan peresmian sebagai taman wisata religi, kini kompleks pemakaman tersebut sudah mulai dibenahi. Musholla yang ada di tengah kompleks direhab dan dicat ulang. Fasilitas pendukung seperti kamar mandi, toilet dan tempat wudhu’ yang saat ini masih terkesan darurat akan segera dibangun untuk memberikan kenyamaman kepada para pengunjung.

Sebagai penanda keberadaan taman wisata religi baru itu juga sedang dibangun gapura yang terletak dipintu masuk sisi timur kompleks pemakaman.

(Sumber:nu.or.id)

Category: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Web Hosting